Tahu Gak Kenapa Smartphone Xiaomi Lebih Murah Dari Smartphone Lainnya? Ini Dia Alasannya

Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Lebih Murah

Pastinya kamu heran kan kenapa smartphone atau HP Xiaomi memiliki harga yang cukup miring dibandingkan dengan kompetitor lainnya seperti Oppo, Vivo, Samsung dan sebagainya. Ternyata ada alasan kenapa smartphone Xiaomi lebih murah dari smartphone lainnya.

Baru-baru ini Xiaomi ketahuan menyisipkan iklan pada sejumlah aplikasi di dalam smartphone buatan mereka. Seperti pada pemutar musik dan pengaturan ponsel. Hal ini diketahui melalui salah satu ungguhan pengguna forum Reddit.

Menyikapi hal ini, lantas seperti apa tanggapan pihak perusahaan asal China tersebut?

Dilansir dari The Verge, Pihak Xiaomi menjelaskan kebijakan memasukan iklan hanya berlaku pada semua perangkat yang menjalankan MIUI dan tidak untuk perangkat dengan sistem operasi Android One.

Mereka mengatakan “Periklanan akan terus menjadi bagian dari layanan Internet Xiaomi karena merupakan komponen utama dari model bisnis perusahaan besar. Kami akan memberikan pilihan untuk mematikan iklan dan memberitahu kapan dan dimana iklan akan muncul. Filosofi kami adalah iklan harus tidak mencolok dan pengguna selalu memiliki pilihan untuk mendapatkan lebih sedikit rekomendasi.”

Dapat kita ketahui model bisnis seperti yang Xiaomi lakukan memang dirancang bukan untuk mengambil keuntungan yang besar dari penjualan Hardware. Walaupun mereka memberikan harga yang terjangkau pada smartphone yang mereka luncurkan, mereka tetap akan mendapat keuntungan lebih dari iklan yang mereka tanamkan pada MIUI.

Selain itu, dengan adanya iklan mereka bisa mengarahkan pengguna ke unit bisnis lain milik mereka. Karena seperti yang kita ketahui, selain meluncurkan smartphone, Xiaomi juga memproduksi produk lain seperti action cam, drone, sepeda, dan bisnis lainnya yang berbentuk online.

 

Bagaimana pun alasannya, tetap saja model bisnis yang dilakukan oleh Xiaomi beresiko tinggi kehilangan banyak pengguna. Kita tahu siapa sih yang ingin banyak iklan dalam ponselnya? terutama orang Indonesia pasti kebanyakan tidak suka dengan yang namanya iklan.

Bagaimana pastinya sekarang kamu sudah tahu kan kenapa smartphone Xiaomi lebih murah dari smartphone lainnya? Yaa saya tegaskan lagi pihak Xiaomi menanamkan iklan pada smartphone yang mereka luncurkan untuk mendapat keuntungan lebih karena mereka tidak mengandalkan penjualan hardware atau perangkat keras sebagai sumber penghasilan utama.

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat 🙂