Fakta Unik Sejarah Perkembangan Google, Situs Pencari Nomor 1 Dunia

Google Search | Fakta Unik Sejarah Perkembangan Google, Situs Pencari Nomor 1 Dunia

Banyak orang yang bertanya “siapa penemu google?” atau “bagaimana sejarah google?” atau juga “bagaimana perkembangan google hingga saat ini?” . dan mungkin juga kamu adalah salah satu yang penasar dengan sejarah perkembangan Google.

Baiklah untuk menghancurkan rasa penasaran tersebut saya akan membahas semua pertanyaan diatas dalam artikel ini.

Sejarah Perkembangan Google dimulai semenjak lulusan dari Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin berkolaborasi untuk membuat mesin pencari yang dapat menyimpan informasi tak terhingga. Tak diragukan lagi bahwa proyek dari Page dan Brin telah mendapatkan hati para pengguna internet untuk menggunakan fiturnya. Namun, dibalik kesuksesannya di era sekarang. Mesin pencari nomor 1 satu ini memiliki asal usul yang cukup menarik.

Sejak pertama kali kemunculannya telah mengalahkan banyak pesaingnya seperti Yahoo, Bing, Yandex. Dengan markas yang berada di Mountain View, Selain memberikan fasilitas penelusuran, Google juga telah banyak melahirkan fitur-fitur yang keren seperti Gmail, Google Plus, dan masih banyak fitur unik lainnya.

Fakta Unik Sejarah Perkembangan Google

1. Namanya “googol” bukan “google”

Pada awalnya Larry dan Sergey menamai mesin pencari karya mereka dengan BackRub. Kemudian pada 1997, mereka memberi nama baru menjadi “Googol”. Googol adalah istilah yang digunakan pada matematika yang artinya angka 1 yang diikuti 100 angka nol. Larry dan Sergey bermaksud menjadikan Googol menjadi gudang informasi tak terbatas dan, harapan mereka terwujud.
Ketika mereka mendapatkan investor untuk proyeknya. Rupanya para investor salah mengucapkan Googol menjadi Google. Oleh karena itu Larry dan Sergey pasrah menggunakan nama Google untuk proyek mereka.

2. Google Dulu sampai sekarang tetap Sederhana

Saat pertama kali beroperasi, tampilan mesin pencari karya Page dan Brin tampak bersih dan simpel dikarenakan kedua pendirinya dulu tidak mengetahui HTML. Alasan Mesin Pencari ini ditampilkan sederhana karena Sergey dan Larry menginginkan proyek mereka dengan antarmuka yang ringkas. Cukup dengan menekan Enter setelah pengguna memasukkan kata kunci.
Walaupun ada sedikit perubahan namun tidak signifikan. Sampai sekarang, Google memberikan tampilan homepage yang bersih pada pengguna. Logo dan kotak pencarian menjadi ciri khas dari dulu.

3. Tak hanya mesin pencari, Gmail pun muncul

Setelah beberapa tahun berdiri, tepatnya pada Tahun 2004, selain mesin pencarinya muncul juga fitur terbarunya yakni Gmail. Layanan Email berbasis web ini memberikan penyimpanan 1 GB dengan gratis. Dengan fasilitas yang membuat pengguna nyaman. Gmail mengalahkan saingannya seperti Yahoo Mail dan Hotmail sepuluh kali lipat.

4. Mencari Tempat? Google Earth Lahir

Selain meluncurkan Gmail, bertambah fasilitas lainnya yakni Google Earth pada tahun 2004. Dengan layanan ini kita bisa melakukan pencarian tempat dimanapun yang Anda inginkan. Bola dunia yang interaktif ini merupakan peta dunia beedasarkan citra satelit. Bagian kerennya adalah dengan Google Earth Anda dapat memperbesar ke tingkat jalanan bahkan rumah Anda bisa dilihat.

5. Bulan atau Mars pun bisa dijelajahi

Fakta yang menarik adalah bahwa pada bulan September 2005, Google membuat kemitraan baru dengan perusahaan yang sangat menarik – NASA. Ini melibatkan pembangunan pusat penelitian dan pengembangan seluas 1 juta kaki persegi di NASA Ames Research Center. Ini menarik diikuti beberapa bulan kemudian oleh peluncuran Google Mars dan Google Moon: dua aplikasi gaya peta Google yang dibangun di atas gambar bulan dan planet Mars.

Hingga Saat ini perusahaan asal California ini telah menjadi perusahaan yang maju. Selain layanannya yang sangat bermanfaat, fitur mesin pencarinya menjadi yang paling digunakan. Maka pantas nomor 1 dalam bidangnya tak bisa disangkal lagi.

Itulah 5 Fakta Unik Sejarah Perkembangan Google.

Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Written by Agistiadi Nugraha

Saya bukan Alien ataupun Predator