6 Cara Mengatasi Smartphone Panas Saat Bermain Game

Smartphone Panas

Beragam smartphone yang hadir saat ini untuk memenuhi beragam hasrat dan kebutuhan para penggunanya, yang salah satunya bermain game. Pernahkan kamu merasakan panas saat sedang bermain game? Berikut 6 cara mengatasi smartphone panas saat bermain game.

Smartphone hadir guna memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalankan segala aktivitas mereka. Seiring dengan berjalannya waktu kini smartphone memiliki banyak kelebihan untuk menunjang kebutuhan penggunanya, salah satunya dengan hadir smartphone yang memiliki spesifikasi khusus untuk bermain game atau sering disebut sebagai smartphone gaming.

Nah, sayangnya walaupun sudah menggunakan smartphone yang berkemampuan tinggi, tetap saja masih sering ada masalah yang harus dihadapi. Seperti smartphone terasa panas dan terkadang karena hawa panas tersebut membuat game menjadi lambat dan tentunya membuat frustasi saat sedang bermain game.

Untuk kamu yang menemui masalah serupa, jangan berputus asa, apalagi langsung membanting smartphone yang sedang kamun gunakan.

6 Cara Mengatasi Smartphone Panas Saat Bermain Game

Tutup aplikasi lain yang memberatkan game

Android Recents Apps | Cara Mengatasi Smartphone Panas Saat Bermain Game

Cara mengatasi smartphone panas saat bermain game yang pertama adalah dengan cara menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan.

Sistem Android yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan banyak aplikasi saat ini, tanpa disadari menimbulkan masalah, yaitu tidak menutup aplikasi yang telah selesai digunakan.

Masalah tersebut bisa menjadi pemicu naiknya suhu smartphone, karena terdapat banyak aplikasi yang berjalan di background.

Karena banyaknya aplikasi yang berjalan akan menimbulkan CPU smartphone harus melakukan proses yang ekstra dan batrai pun akan lebih cepat terkuras habis.

Selain itu, kamu juga akan merasa game yang kamu gunakan menjadi lebih berat karena keterbatasan CPU dan GPU dalam menjalankan aplikasi.

Tidak bermain game saat sedang mengisi ulang baterai

Playing Game when Charging | Cara Mengatasi Smartphone Panas Saat Bermain Game

Terdapat masalah besar saat ini yang sudah menjadi kebiasaan banyak orang saat bermain game, yakni bermain game sambil mengisi daya. Karena keterbatasan daya tahan baterai ataupun karena tidak sabar melanjutkan permainan menjadi alasan tetap bermain game walaupun saat smartphone tengah mengisi daya.

Sebenarnya, kebiasaan tersebut dapat membuat smartphone panas saat bermain game karena ketika smartphone tengah diisi ulang daya baterainya, maka listrik mengalir kr ruang yang ada di dalam baterai.

Hal tersebutlah yang membuat suhu baterai menjadi lebih panas. Apalagi saat smartphone menjalankan multi tasking ketika tengah diisi ulang daya baterainya.

Selain membuat smartphone panas, kebiasaan ini juga bisa membuat smartphone cepat rusak karena baterai terus dipaksa bekerja ketika sedang mengisi daya.

Jangan tutupi smartphone dengan case yang terlalu tebal

Case Smartphone Tebal | Cara Mengatasi Smartphone Panas Saat Bermain Game

Cara mengatasi smartphone panas saat bermain game selanjutnya adalah dengan cara tidak menggunakan case pelindung yang terlalu berlebihan ketebalannya.

Ketebalan case sangat berpengaruh terhadap suhu smartphone. Kenapa? karena jika smartphone ditutupi case yang terlalu tebal otomatis suhu panas yang ada pada smartphone akan susah untuk keluar.

Selain itu, Hawa dingin yang ada diluar smartphone jadi susah masuk kedalam smartphone untuk mendinginkan smartphone yang tengah digunakan.

Usahakan untuk memamainkan game sesuai dengan spek smartphone

PUBG on 1GB RAM | Cara Mengatasi Smartphone Panas Saat Bermain Game

Alasan smartphone panas ketika bermain game selanjutnya karena tidak memadainya spesifikasi sebuah smartphone untuk menjalankan sebuah game.

Terlebih, jika game yang kamu mainkan tersebut sudah sangat tinggi grafisnya, CPU dan GPU pada smartphone jadi harus bekerja lebih untuk membuat game berjalan, alhasil smartphone menjadi semakin panas.

Sebagai pengguna ponsel pintar, kamu wajib menyadari minimum spesifikasi yang diwajibkan oleh developer game. Dengan menyadari minimum spesifikasi, maka kamu akan terhindar dari panasnya smartphone saat mamainkan game tersebut.

Jika kamu memiliki smartphone dengan RAM 1GB dan processor Snapdragon versi lawas jangan coba-coba untuk memainkan game bergrafik tinggi seperti PUBG Mobile.

Bermain game dengan batas wajar

Playing Mobile Legends on Smartphone | Cara Mengatasi Smartphone Panas Saat Bermain Game

Cara mengatasi smartphone panas saat bermain game selanjutnya adalah dengan cara tidak bermain game secara berlebihan.

Setiap smartphone memiliki batas kemampuan untuk menjalankan suatu aktivitas, apalagi smartphone yang digunakan merupakan kelas low-entry. Agar smartphone tidak panas saat digunakan untuk bermain game, sebaiknya smartphone tidak digunakan secara berlebihan untuk bermain game.

Smartphone membutuhkan waktu beristirahat. Tentu, waktu tersebut akan digunakannya untuk mendinginkan suhu yang tinggi di dalamnya, yang disebabkan karena penggunaan yang secara berlebih. Dengan turunnya suhu di dalam smartphone, maka juga akan membuat smartphone lebih awet.

Gunakan smartphone gaming

Xiaomi Black Shark Hello Gamepad | Cara Mengatasi Smartphone Panas Saat Bermain Game

Cara mengatasi smartphone panas saat bermain game yang terakhir adalah dengan menggunakan smartphone gaming.

Cara ini adalah cara terakhir yang digunakan jika kamu suka bermain game dalam waktu yang lama. Memang smartphone gaming memiliki ketahanan yang lama saat dipakai bermain game dan tidak terlalu panas dibandingkan smartphone biasa. Namun, tetap saja jangan dipaksakan disaat smartphone sudah mencapai batasnya.


Semoga dengan menerapkan ke 6 cara mengatasi smartphone panas saat bermain game atau salah satunya, bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah hawa panas pada smartphone disaat digunakan bermain game.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…